DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peranan Guru Dalam Mengendalikan Sosioemosional Pada Anak Autis Di SDN Anjir Pasar Kota 2
PENGARANG:NURUL RIZKY APRILIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

Nurul Rizky Aprilida, A1F115027. Peranan Guru Dalam Mengendalikan Sosioemosional Pada Anak Autis Di SDN Anjir Pasar Kota 2. Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 2019. Dosen Pembimbing (I) Dr. Imam Yuwono, M.Pd. Dosen pembimbing (II) Mondry Fraicky Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd.

Kata Kunci: Peranan Guru, Sosioemosional, Anak Berkebutuhan Khusus.

Permasalahan yang ditemukan oleh peneliti adalah anak autis yang mengalami hambatan pada sosioemosionalnya. Anak sering mengamuk kalau sedang marah, dan memukul-mukul temannya, anak lebih suka menyendiri dan hanya memiliki satu teman yang akrab dengannya. Peranan guru di SDN Anjir Pasar Kota 2 yaitu: sebagai orang tua, pendidik, pemimpin, produsen, pembimbing, motivator, peneliti. Sosioemosional anak saat di rumah, anak kurangnya pergaulan atau interaksi diluar rumah. Namun sosioemosional anak disekolah, tidaklah jauh berbeda dengan keadaan anak dilingkungan rumah, anak kesulitan dalam mengendalikan sosioemosionalnya. Penyebab anak kesulitan mengendalikan sosioemosionalnya, sering dipicu oleh teman-temannya, anak suka di bully sehingga menyebabkan, anak mengamuk dan memukul teman-temannya.

Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dengan model study kasus, subjek penelitian ini adalah 1 anak yang mengalami hambatan sosioemosional, dengan mencari informasi pada guru kelas, orang tua anak, sahabat anak dengan pengumpulan data berupa wawancara terbuka dan di observasi serta di dokumentasi, analisis data yang digunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian bahwa peranan guru dalam mengendalikan sosioemosional di SDN Anjir Pasar Kota 2 sangat membantu anak dalam memberi arahan serta dorongan agar mampu melatih dan mengendalikan sosioemosional, berdasarkan data yang ada anak dapat dikatakan guru mampu mengendalikan sosioemosional pada anak autis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI