DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI KELURAHAN SYAMSUDIN NOOR KOTA BANJARBARU
PENGARANG:ASIH RETNO NOOR FITRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

 

ASIH RETNO NOOR FITRIYANI, D1B115403, 2019 “Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kelurahan Syamsudin Noor Kota Banjarbaru”. Di bawah bimbingan H. Saifudin selaku pembimbing I dan Jamaludin pembimbing II.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pemerintah terhadap pendaftaran tanah sistematis lengkap di Kelurahan Syamsudin Noor Kota Banjarbaru. Metode penelitian pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu implementasi kebijakan menurut George C Edward III dalam buku Dwiyanto Indiahono yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi (sikap pelaksana), struktur birokrasi. Yang menjadi informan kunci adalah Kepala Kelurahan Syamsudin Noor, Ketua RT, Kabag Pendaftaran Tanah, Juru Ukur yang ada di Badan Pertanahan Nasional, Panitia di Kelurahan, Masyarakat yang menjadi peserta Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap yang sudah diproses maupun yang selesai dalam pendaftaran, kemudian data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian hasilnya dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan mengenai pendaftaran tanah sistematis lengkap di Kelurahan Syamsudin Noor Kota Banjarbaru kurang optimal. Dilihat dari staf yang kurang memadai serta fasilitas pendukung yang masih kurang di lapangan. Kepada Badan Pertanahan Nasional Kota Banjarbaru untuk menambah sumber daya manusia dan fasiliitas pendukung dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap.

Kepada Badan Pertanahan Nasional Kota Banjarbaru perlu ditambahnya fasilitas untuk mengukur tanah sebanyak dua buah karena yang ada ini cuman ada empat dan itu bergantian dengan 12 kelurahan lain, dan kepada petugas pengukur Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dilapangan untuk menambah sumberdaya manusia dari jumlah 4 orang ditambah 2 orang sehingga menjadi 6 orang agar lebih efektif dalam pelaksanaan pengukuran dilapangan.

 

Kata Kunci : Implementasi, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI