DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PERATURAN GUBERNUR KALSEL NOMOR 06 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN SEWA KHUSUS BERBASIS ONLINE DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:HALIFA YOLA AYU KARTIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

Halifa Yola Ayu Kartika, D1B115411, 2019. Implementasi Peraturan Gubernur Kal-Sel Nomor 06 Tahun 2018 Tentang Angkutan Sewa Khusus Berbasis Online di Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Budi Suryadi, selaku pembimbing I dan Suriansyah Umar, selaku dosen pembimbing II.

 

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui Implementasi Peraturan Gubernur Kal-Sel Nomor 06 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus Berbasis Online di Kota Banjarmasin.

Penelitian yang dilakukan di Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, dengan melakukan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan melakukan wawancara dengan pihak Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, pengemudi sopir online, dan pengguna jasa angkutan online. Fokus yang ingin diketahui dalam penelitian adalah guna mengetahui bagaimana implementasi peraturan Gubernur Kal-Sel Nomor 06 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan angkutan sewa khusus berbasis online di Kota Banjarmasin.

Hasil dalam penelitian terkait 4 variabel terkait implementasi kebijakan yaitu Komunikasi yang dimana peraturan terkait dapat diterima dengan cukup baik oleh para pengemudi taksi online, Sumber Daya terkait pengimplementasian peraturan terkait sudah mencukupi untuk menjalankan kebijakan dan tidak ada kendala karena secara kapasitas sudah memadai, Disposisi yaitu pada variabel ini juga sudah terbilang baik yang dapat dilihat dari sikap tegas dan konsisten implementor dalam mengawasi dan menjalankan kebijakan peraturan gubernur sehingga dapat berjalan dengan berkesinambungan, dan Birokrasi yaitu berhubungan dengan instansi terkait dimana SOP yang tercantum dalam pelaksanaannya sudah terdapat dengan jelas dan sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, saran yang ditujukan bagi Dinas Perhubungan kota Banjarmasin yaitu untuk selalu bersikap tegas terkait dengan para sopir yang tidak mematuhi aturan yang berlaku dan juga bagi para sopir diharapkan agar selalu menjaga dan mematuhi aturan yang berlaku, selain itu juga bagi para konsumen pengguna jasa untuk mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan misalnya tidak memesan taksi online di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.

 

 

Kata Kunci : Implementasi, Angkutan Sewa Khusus Berbasis Online, Banjarmasin.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI