DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS V SDN BENUA ANYAR 10 BANJARMASIN
PENGARANG:M. IMAM KHAZIN .R
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

R, M. Imam Khazin. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Menghargai Keputusan Bersama Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Dikombinasikan dengan Number Heads Together dan Teams Games Tournament Kelas V SDN Benua Anyar 10 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd.,M.Pd.

Kata kunci: Aktivitas belajar siswa, Group Investigation, Number Heads Together, Teams Games Tournament.

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada materi menghargai keputusan bersama disebabkan siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, karena pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan pembelajaran masih dilaksanakan hanya dengan menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan model group investigation dikombinasikan dengan model numbered heads together dan team game tournament. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa.

Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Data yang digunakan berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa yang dilakukan dengan tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Benua Anyar 10 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 32 orang. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah siswa dapat mencapai nilai ≥70 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% siswa secara klasikal, serta aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif”

Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai skor 26 kategori Baik, pada pertemuan 4 mencapai skor 36 kategori Sangat Baik. Aktivitas siswa pertemuan 1 mencapai persentase 59% dengan kategori Cukup Aktif dan mengalami peningkatan pada pertemuan 4 menjadi 94% dengan kategori Sangat Aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 59% dan mengalami peningkatan pada pertemuan 4 menjadi 94%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model group investigation dikombinasikan dengan model numbered heads together dan team game tournament pada siswa kelas V SDN Benua anyar 10 banjarmasin. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa materi menghargai keputusan bersama siswa kelas V SDN Benua anyar 10 banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI