DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS VA SDN SUNGAI JINGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NOR AINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


Aina, Nor. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Pada Tema Lingkungan Sahabat kita Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Dikombinasikan Dengan Numbered Heads Together (NHT) Dan Course Review Horay (CRH) Pada Siswa Kelas VA SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M. Pd.

Kata kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Alam Sahabat Kita, Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH)

  Permasalahan dalam penelitian ini siswa kurangnya keaktifan siswa, kurangnya kreativitas siswa, kurangnya minat siswa terhadap belajar, siswa kurang berinteraksi dengan temannya saat pembelajran dan siswa kurang memaknai pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VA SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin pada muatan IPA tema lingkungan alam sahabt kita. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar yaitu melalui model kombinasi Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) pada penelitian tindakan kelas di SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas VA SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru, aktvitas siswa, dan lembar tes tertulis yang dilakukan setiap akhir pertemuan. Indikator keberhasilannya adalah aktivitas guru dikatakan berhasil apabila berada  pada  kriteria  sangat  baik. Aktivitas  siswa  dalam  mengikuti  pembelajaran dapat dikatakan  berhasil  apabila jumlah  seluruh  aktivitas  siswa berada pada kriteria sangat aktif. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan ≥ 80% dan KKM  ≥ 75.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru mencapai skor 39 katagori sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 100% kriteria aktif dan sangat aktif. Untuk hasil belajar siswa ketuntasan individual 29 orang siswa  dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Muatan IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, khususnya pada Muatan IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI