DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI KOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA KELAS IV SDN KELAYAN TIMUR 13 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ADAM SUSKHAN NOOR OVANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


Ovani, Adam Suskhan Noor. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Model Direct Instruction di kombinasikan dengan Numbered Head Together dan Teams Games Tournament pada Kelas IV SDN Kelayan Timur 13 Kota Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Bapak Drs. Sutiyarso, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika,DI, NHT dan TGT.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan peserta didik memahami pembelajaran karena pembelajaran masih bersifat konvensional, kurangnya penggunaan model pembelajaran dan media yang mendukung sehingga pembelajaran kurang menarik bagi peserta didik. Maka inovasi pembelajaran perlu menggunakan model Direct Instruction dikombinasikan dengan Numbered Head Together dan Teams Game Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar pada kelas IV SDN Kelayan Timur 13.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas , yang dilaksanakan dalam empat pertemuan. Pengumpulandata dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai skor 17-20 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas peserta didik apabila mencapai 80% berada pada kriteria “sangat aktif” dan hasil belajar peserta didik tuntas belajarnya apabila memperoleh nilai 70 dan secara klasikal mencapai 80% dari jumlah peserta didik yang memperoleh nilai 70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas peserta didik dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif. Pada hasil belajar sudah mencapai indikator ketuntasan secara individu maupun klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa modelDirect Instruction dikombinasikan dengan Numbered Head Together dan Teams Games Tournamentdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan aktivitas peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN Kelayan Timur 13 Kota Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI