DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MUATAN IPS MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK PADA KELAS IVA SDN SUNGAI ANDAI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD RAHMATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

Rahmatullah, Ahmad. (2019).Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku dengan Muatan IPS melalui Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), dan Talking Stick pada Siswa Kelas IVA SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, S.T., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Talking Stick

Permasalahan penelitian ini adalah siswa belum  mampu berfikir logis dan kritis serta siswa belum bisa mengembangkan keterampilan sosial untuk mencari dan mengolah atau memproses informasi, siswa tidak berani untuk mengemukakan pendapat, tidak semua siswa berperan aktif dan terlibat langsung dalam diskusi, selama proses pembelajaran juga siswa cendrung pasif menerima pelajaran. Hal ini disebabkan model yang digunakan kurang inovatif. Upaya menyelesaikan masalah tersebut diatas dilakukan melalui kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Numbered Heads Together, danTalking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4A semester genapSDN Sungai Andai 3 tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu.Analisis data menggunakan descriptive analysis dan cross tabulation analysis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dari pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat dari skor: 24, 25, 29 dan 32. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 59%, 71,8%, 82%, 92,3% (klasikal). Hasil belajar siswa aspek kognitif meningkat dari 59%, 71,8%, 82%, 92,3% (klasikal).Hasil belajar siswa aspek afektifdari pertemuan I sampai pertemuan IV selalu mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal: 41%, 66,7%, 84,6%, 94,9%.Hasil belajar siswa aspek psikomotorik dari pertemuan I sampai pertemuan IV selalu mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal: 38,5%, 61,5%, 82%, 92,3%.

 

 

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaranProblem Based Learning (PBL),Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas belajar. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI