DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN IPS MATERI KARAKTERISTIK RUANG DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV DI SDN SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ZAHRATUNNISA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


ABSTRAK

Maulida, Zahratunnisa 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan IPS Materi Karakteristik Ruang dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk Kesejahteraan Masyarakat menggunakan Model Group Investigation dikombinasikan dengan Numbered Head Together dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa,  Hasil belajar, Group Investigation, Numbered Head Together dan Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. karena kurang memahami pembelajaran, siswa pasif  dan siswa cepat bosan dan kurang teliti sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Simpang Empat. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas siswa yaitu melalui model Group Investigation dikombinasikan dengan model Numbered Head Together dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  24 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik dan pertemuan IV meningkat mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif dan pertemuan IV meningkat mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I pada aspek kognitif mencapai 45,8%, aspek afektif mencapai 70,8%, aspek psikomotorik mencapai 75 dan pertemuan IV meningkat aspek kognitif mencapai 100%, aspek afektif mencapai 100%, aspek psikomotorik mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Group Investigation dikombinasikan dengan model Numbered Head Together dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas belajar dan hasil belajar. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI