DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA PADA PARAGRAF TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IVB SDN TELUK TIRAM 1 BANJARMASIN
PENGARANG:LUTVIA NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


Ningsih, Lutvia. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif dalam Menemukan Kalimat Utama pada Paragraf Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stick pada Siswa Kelas IVB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas siswa, Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stick.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca intensif siswa dalam menemukan kalimat utama pada paragraf. mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesiatema Kayanya Negeriku kelas IVB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan mendeskripsikan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB semester genap SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak20. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa dan hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mencapai kriteria sangat aktif ≥82% dari jumlah seluruh siswa dan hasil belajar siswa secara individual mencapai nilai ≥65 sesuai KKM dan secara klasikal mencapai ≥80% dari seluruh siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 55%, pertemuan II mencapai 70%, pertemuan III mencapai80%, dan pertemuan IV mencapai 95%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT)danTalking Stickpada Siswa Kelas IVB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI