DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL THINK PAIR SHARE, MIND MAPPING DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KOMET BANJARBARU
PENGARANG:YUNIA AFIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


ABSTRAK

 

Afifah, Yunia. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Think Pair Share, Mind Mapping dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas IV SDN 2 Komet Banjarbaru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci: Kayanya Negeriku Think Pair Share, Mind Mapping dan Snowball Throwing dan Hasil Belajar Siswa.

Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa kurang mampu berkonsentrasi karena sering ribut di kelas, yang menyebabkan siswa kurang mampu memahami materi, kurang termotivasi dan cepat merasa bosan saat belajar, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IVA SDN 2 Komet Banjarbaru muatan PPKn tema Kayanya Negeriku. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model Think Pair Share, Mind Mapping,dan Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dengan empat siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA semester genap SDN 2 Komet Banjarbaru tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 28 siswa. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan 81%, dan KKM ≥75.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 88,63 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 89,28% kriteria hampir seluruhnya aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal 92,86% untuk aspek kognitif, 96,40% untuk aspek afektif, dan 92,86% untuk aspek psikomotorik pada pertemuan IV.

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku menggunakan kombinasi model Think Pair Share, Mind Mapping,dan Snowball Throwing pada siswa kelas IVA SDN 2 Komet Banjarbaru meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajarsiswa sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI