DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENENTUAN REDUKSI AFLATOKSIN PADA BUNGKIL KEDELAI YANG DIFERMENTASIKAN DENGAN Lactobacillus plantarum A1E DAN Candida sp. GF1 MENGGUNAKAN METODE ELISA
PENGARANG:LUTFIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


ABSTRAK

PENENTUAN REDUKSI AFLATOKSIN PADA BUNGKIL KEDELAI YANG DIFERMENTASIKAN DENGAN Lactobacillus plantarum A1E DAN Candida sp. GF1 MENGGUNAKAN METODE ELISA (Oleh Lutfiani; Pembimbing: Ika Oksi Susilawati., Ema Damayanti ; 2019; 93halaman)

 

Pakan ternak atau dikenal dengan bahan pakan adalah segala sesuatu yang dapat diberikan sebagai sumber energi dan zat-zat gizi. Bahan pakan yang dapat diberikan kepada ternak baik berupa bahan organik maupun anorganik yang dapat dicerna tanpa mengganggu kesehatan ternak. Beberapa bahan pakan mengandung mikotoksin yang dapat membahayakan, oleh karena itu perlu dilakukan pengujian pencemaran mikotoksin berupa aflatoksin. Penelitian ini dapat menentukan jumlah bakteri dan khamir dengan metode Total Plate Count (TPC) pada sampel bungkil kedelai dan menentukan kadar aflatoksin yang dapat dilihat dari penurunan kadar aflatoksin untuk rereduksi aflatoksin menggunakan metode ELISA.Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah memfermentasikan bungkil kedelai dengan menambahankan Lactobacillus plantarum A1E dan Candida sp. GF1 dilanjutkan dengan teknik pengenceran dan perhitungan menggunakan metode TPC. Selanjutnya mengekstrak sampel dan kemudian dilakukan pengujian penentuan kadar aflatoksin menggunakan instrumen ELISA. Hasil perhitungan jumlah bakteri/khamir menggunakan TPC terdapat antara 6,944 7,925 CFU’s/mL pada sampel bungkil kedelai yang difermentasi dengan waktu yang bervariasi antara 0 jam sampai 72 jam. Hasil penentuan kadar aflatoksin selama fermentasi dari waktu 0 jam dan 72 jam mengalami penurunan pada BAL (Lactobacillus plantarum) dari 3,08 ppb menjadi 2,89 ppb, sedangkan pada khamir (Candida sp.) dari 3,70 ppb menjadi 3,33 ppb dan pada penggabungan antara Lactobacillus plantarum dengan Candida sp. dari 4,59 ppb menjadi 3,73. Selama proses fermentasi kadar aflatoksin mengalami penurunan yang dapat dikatakan bahwa kedua isolat tersebut mampu mereduksi aflatoksin.

 

 

Kata Kunci: Bungkil kedelai, Lactobacillus plantarum, Candida sp. Aflatoksin, Total Plate Count (TPC), ELISA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI