DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR ASPEK MEMBACA PEMAHAMAN
PENGARANG:SHARAH KHARAMAIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


ABSTRAK

Kharamain, Sharah. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Aspek Membaca Pemahaman “Teks Narasi” Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Bahasa Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran CooperativeIntegrated Reading Composition (CIRC), Teams Games Tournament (TGT), dan Scramble Siswa Kelas 5 SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Teks Narasi, model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Teams Games Tournament (TGT), Scramble.

Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami teks narasi disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya, media dan metode pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan, siswa tidak memiliki banyak pengetahuan mengenai kosa kata, dan siswa kurang mampu dalam mengembangkan ide untuk memahami suatu teks narasi. Untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan menggunakan kombinasi model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Teams Games Tournament (TGT), dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa pada tema Peristiwa dalam Kehidupan di SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin.

Pendekatan Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, sebanyak 35 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Teams Games Tournament (TGT), dan Scramble pada keterampilan membaca pemahaman teks narasi. Aktivitas guru mengalami perbaikan setiap pertemuannya, sehingga mencapai kategori “Sangat Baik” dengan perolehan skor 42. Aktivitas siswa mengalami perbaikan setiap pertemuannya, sehingga mencapai kategori “sangat aktif’ dengan persentasi 86%. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa terus mengalami perbaikan setiap pertemuannya, sehingga mencapai kategori “tuntas’ dengan persentasi 97%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Teams Games Tournament (TGT), dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar aspek membaca pemahaman “Teks Narasi” pada tema Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI