DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangan Aspek Kognitf Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Model Explicit Instruction Kombinasi Model Make a Match dan Snowball Throwing Kelompok A Tk Al-Azhar Banjarmasin
PENGARANG:TITIN FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


Titin Fitriani.2019.  “Mengembangkan Aspek Kognitif Mengenal Lambang Bilangan  menggunakan Kombinasi Model Explicit  Instruction Kombinasi  Model Make A Macth  dan Snowball Throwing Kelompok A TK  Al-Azhar Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd, M,Pd

Kata Kunci : Kognitif, Mengenal Lambang Bilangan, Explicit Instruction, Make A Match, Snowball Throwing 

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil perkembangan kognitif anak mengenal lambang bilangan kelompok A TK Al-Azhar, hal tersebut terlihat ketika proses pembelajaran anak sudah dapat menyebutkan lambang bilangan tetapi anak masih ragu ketika diminta untuk menunjukkan dan mencocokkan lambang bilangan. Hal tersebut disebabkan pembelajaran yang diberikan masih bersifat abstrak, anak tidak dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran dan pemilihan model pembelajaran ang kurang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut menggunakan model pembelajaran Explicit Instrction kombinasi model Make A Match dan model Snowball Throwing. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendiskipsikan aktivitas guru, mendiskripsikan aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan kogntif anak mengenal lambang bilangan.

   Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada anak kelompok A TK Al-Azhar Banjarmasin. Indikator keberhasilan pada aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik, pada aktivitas anak mencapai kriteria aktif dan pada hasil perkembangan anak mendapat 85% dari seluruh anak mendapat bintang «««.

   Hasil penelitian pada setiap siklus mengalami peningkatan, aktivitas guru siklus I mencapai kriteria cukup baik, siklus II mencapai kriteria baik, siklus III mencapai kriteria baik dan siklus IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada siklus I mencapai kriteria cukup aktif, siklus II mencapai kriteria cukup aktif, siklus III mencapai kriteria aktif, siklus IV  mencapai kriteria aktif. Hasil perkembangan kognitif anak siklus I mencapai 43.75%, siklus II mencapai  75%, siklus III mencapai 81.25% dan siklus IV mencapai 93.75%.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa penggunaan model Explicit Instruction kombinasi model Make A Match, dan model Snowball Throwing  dalam mengenal lambang bilangan dan dapat mengembangkan aspek kogntif anak kelompok A TK Al-Azhar Banjarmasin. Disarankan dari penelitian ini guru dapat menjadikan sebagai salah satu solusi perkembangan pembelajaran kognitif anak terutama dalam mengenal lambang bilangan, sehingga pelaksanaan proses pembelajaran lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI