DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING DIKELAS IV SDN BENUA ANYAR 10 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI SALMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


ABSTRAK

 

Salma, Siti . 2019. Meningkatkan aktivitas belajar siswa tema kayanya negeriku muatan pendidikan kewarganegaraan (PKn) menggunakan kombinasi model Group Invertigation (GI),Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing di kelas IV SDN Benua Anyar 10 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs.H. Mahlan Asmar,M.Pd.

Kata kunci : aktivitas belajar, pendidikan kewarganegaraan, model Group Investigation, Numbered Heads Together, dan Snowball Throwing.

 Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa dalam pembelajaran kurang berpikir kritis, tidak partisipasi dalam pembelajaran dengan baik, dan kurang adanya interaksi siswa dengan guru sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Benua Anyar 10 Banjarmasin mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hal ini disebabkan model yang  terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model group investigation, Numbered Heads Togetherdan snowball throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Benua Anyar 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak  33 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik descriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria  sangat baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil kognitif siswa pada pertemuan III, afektif siswa pada pertemuan III, psikomotorik siswa pada pertemuan III.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model group investigation,Numbered Heads Togetherdan snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada sehingga sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan model tersebut ini dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI