DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA TONGKAT BUNYI DALAM ORIENTASI MOBILITAS ANAK TUNANETRA KELAS XI SMA DI SLBA FAJAR HARAPAN MARTAPURA
PENGARANG:JAKA RISKI PERDANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


Abstrak: Anaktunanetramengalamimasalahpadamobilitasnyasehinggaberdampakpadaaktivitas yang lain. Olehkarenaitu,salahsatucara yang dapatmeningkatkankemampuanmobilitasadalahmenggunakantongkat. Berdasarkanpermasalahan yang dikemukakan di atas, makapenelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektivitastongkatbunyimodifikasianaktunanetradalammeningkatkankemampuanmobilitasanaktunanetratottalyblind. PendekatanpenelitiankuantitatifdalampenelitianinimenggunakanrancanganjeniseksperimendengansubjektunggalataudapatdisebutdenganistilahSingle Subject Research (SSR).Penelitianinimenggunakandesainpenelitian A-B.Subjekdalampenelitianiniadalahanaktunanetratottaly blind kelas XI di SLBA FAJAR HARAPAN Martapura.Sistempencatatan data yang digunakanadalahpencatatanmelaluiobservasilangsungdandokumentasi.Teknikanalisis data dalampenelitianinimenggunakananalisis visual dalamkondisidananalisis visual antarkondisi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa mean level kemampuanmobilitasanaktunanetratottaly blindpadakondisiBaseline 1 (A1) yaitu 48,75 menit, mean level intervensi (B) sebesar 32 menit.Dengandemikianbahwatongkatbunyiefektifdalammeningkatkankemampuanmobilitas anak.Penelitianinidiharapkandapatmenjadibahanmasukkanuntukmenambahwawasan guru dan orang tuabahwatongkatbunyimodifikasidapatmenjadisalahsatualternativelatihanuntukmengembangkankemampuanmobilitasanaktunanetra.

 

Kata kunci: Tongkat Bunyi Mobilitas, Anak Tunanetra

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI