DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | EFEKTIVITAS MEDIA TONGKAT BUNYI DALAM ORIENTASI MOBILITAS ANAK TUNANETRA KELAS XI SMA DI SLBA FAJAR HARAPAN MARTAPURA | |
PENGARANG | : | JAKA RISKI PERDANA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-06 |
Abstrak: Anaktunanetramengalamimasalahpadamobilitasnyasehinggaberdampakpadaaktivitas yang lain. Olehkarenaitu,salahsatucara yang dapatmeningkatkankemampuanmobilitasadalahmenggunakantongkat. Berdasarkanpermasalahan yang dikemukakan di atas, makapenelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektivitastongkatbunyimodifikasianaktunanetradalammeningkatkankemampuanmobilitasanaktunanetratottalyblind. PendekatanpenelitiankuantitatifdalampenelitianinimenggunakanrancanganjeniseksperimendengansubjektunggalataudapatdisebutdenganistilahSingle Subject Research (SSR).Penelitianinimenggunakandesainpenelitian A-B.Subjekdalampenelitianiniadalahanaktunanetratottaly blind kelas XI di SLBA FAJAR HARAPAN Martapura.Sistempencatatan data yang digunakanadalahpencatatanmelaluiobservasilangsungdandokumentasi.Teknikanalisis data dalampenelitianinimenggunakananalisis visual dalamkondisidananalisis visual antarkondisi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa mean level kemampuanmobilitasanaktunanetratottaly blindpadakondisiBaseline 1 (A1) yaitu 48,75 menit, mean level intervensi (B) sebesar 32 menit.Dengandemikianbahwatongkatbunyiefektifdalammeningkatkankemampuanmobilitas anak.Penelitianinidiharapkandapatmenjadibahanmasukkanuntukmenambahwawasan guru dan orang tuabahwatongkatbunyimodifikasidapatmenjadisalahsatualternativelatihanuntukmengembangkankemampuanmobilitasanaktunanetra.
Kata kunci: Tongkat Bunyi Mobilitas, Anak Tunanetra
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI