DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOMPOS BERBAHAN DASAR KOKOPIT DENGAN CAMPURAN ISI RUMEN SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG HIJAU DI LAHAN KERING SUBOPTIMAL
PENGARANG:DITA ALENDA -1155
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


ABSTRAK

 

Kacang hijau merupakan komoditas Kacang-kacangan yang banyak di konsumsi dan di manfaatkan rakyat Indonesia, meskipun tanaman kacang hijau memiliki banyak manfaat, namun masih kurang mendapatkan perhatian oleh para petani untuk dibudidayakan. Lahan kering suboptimal memiliki kandungan unsur hara tergolong rendah, sehingga membutuhkan upaya dalam perbaikan. Dalam pertanian berbasis organik penggunaan kokopit dengan campuran isi rumen sapi sebagai kompos memiliki peran penting  yang diberikan. Agar dapat mendukung  dalam pertumbuhan tanaman kacang hijau menjadi optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kompos berbahan dasar kokopit dengan campuran isi rumen sapi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau di lahan kering suboptimal dan untuk mengetahui pengaruh dosis terbaik yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan di lahan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktor tunggal dengan 5 perlakuan K0, K1, K2, K3 dan K4, dengan 4 ulangan sehingga terdapat 20 satuan percobaan. Dengan perlakuan kontrol tanpa pemberian pupuk, K1 ; NPK standar, K2 ; 5 ton/ha setara 45 g/tanaman, K3 ; 10 ton/ha setara 90 g/tanaman, K4 ; 15 ton/ha setara 135 g/tanaman.

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pemberian kompos kokopit dengan campuran isi rumen sapi memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah polong, dan jumlah biji, tidak memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, berat kering 100 biji dan berat basah tanaman.

 

Kata Kunci :Kokopit, Rumen sapi, Kacang hijau, Lahan kering suboptimal.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI