DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, METODE BERCAKAP-CAKAP, DAN MEDIA KARTU PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK KASIH SAYANG BUNDA BANJARMASIN
PENGARANG:RISKY AMALIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


Kata kunci : Kognitif, Mengenal Lambang Bilangan, Make A Match, Bercakap-Cakap, Dan Media Kartu.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah anak pasif, anak bosan, dan kesulitan dalam mengelompokkan gambar/benda dengan lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan mengetahui pengembangan aspek Kognitif anak dengan Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Make A Match, Metode Bercakap-Cakap, Metode Pemberian Tugas, Dan Media Kartu Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Kasih Sayang Bunda BanjarmasinSolusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan Model Make A match,metode bercakap-cakap, dan media kartuPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertempat dikelompok A TK Kasih Sayang Bunda Banjarmasin pada semester II, tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah anak 10 orang. Teknik mengambil data menggunakan cara observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak. Indikator keberhasilan aktivitas guru minimal mencapai skor≥30 dengan criteria sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil secara klasikal mencapai ≥82 dengan criteria hampir seluruh anak ≥ aktif dan untuk hasil perkembangan kognitifnya secara klasikal mencapai ≥81 anak memperoleh minimal ???(Berkembang Sesuai Harapan) dari seluruh anakHasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus 1 terlaksana dan kategori baik dab siklus II mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak juga menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I mencapai kategori aktivitas pada siklus II mencapai kategori sangat aktif, dengan persentase 90% untuk hasil pengembangan kognitif anak mencapai indikator keberhasilan dengan criteria “ Berkembang Sangat Baik”.Berdasarkan dari hasil penelitian disarankan kepala guru kelompok A untuk menggunakanMetode bercakap-cakap, dan media kartudalam pembelajaran mengenal lambang bilangan untuk meningkatkan hasil belajar anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI