DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN di SMK NEGERI 1 BARABAI
PENGARANG:Titi Febrianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


Tujuan Penelitian yang ini adalah agar dapat mengetahui dampak dan pengaruh dari  Kompetensi keahlian Pedagogik dan kompetensi profesional tenaga pendidik terhadap Sikap Peduli Lingkungan murid pada pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMKN 1 Barabai.

Yang dipergunakan untuk Penelitian ini iyalah desaign korelasional. Populasi nya sebanyak 232 serta jumlah sampel 150 orang. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner/angket untuk variabel pedagogiik, profesional dan sikap peduli lingkungan. dalam menguji validitas dan reliabilitas instrumen digunakan dengan pendekatan analisis factor. analisis data yang dipergunakan ialah deskriptif, regresii dan korelasi.

Nilai dan hasil dalam penelitian memperlihatkan, bahwasannya terdapat adanya pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik serta kompetensi profesional terhadap sikap peduli lingkungan siswa  dengan Fo = 6,232 (p< 0,05). Koefisien kompetensi pada korelasi pedagogik dan kompetensi profesional pada sikap peduli lingkungan sebesar Ry12= 0,145, dengan determinasi sebesar R2 = 0,078 artinya varian sikap peduli lingkungan ditentukan oleh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional sebanyak 7,8%. Sisanya ditentukan oleh variabel lain sebesar 92,2%. Kompetensi pedagogik memiliki korelasi koefisien parsial senilai r = 0,145 (p<0,05) terhadap sikap peduli lingkungan sedangkan untuk kompetensi profesional memiliki koefisien korelasi loefisien parsial sebesar r = 0,388 (p<0,05) terhadap sikap peduli lingkungan.

 

Kata Kunci:Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, Sikap Peduli Lingkungan Siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI