DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DIKOMBINASIKAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN BENUA ANYAR 2 BANJARMASIN
PENGARANG:YOHANA AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


ABSTRAK Agustina, Yohana. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok Menggunakan Model Direct Instruction dikombinasikan Student Teams Achievement Division (STAD) dan Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SDN Benua Anyar 2 Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. Sutiyarso, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: aktivitas belajar, volume kubus dan balok, DI,STAD,PAP Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang termotivasi untuk terlibat dalam proses pembelajaran, peserta didik hanya menerima informasi tanpa penjelasan, kurangnya interaksi peserta didik dengan yang lain, pembelajaran bersifat abstrak. Maka, inovasi pembelajara menggunakan kombinasi model Direct Instruction, Student Teams Achievement (STAD),dan Picture And Picture perlu diadakan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok di kelas V SDN Benua Anyar 2 Banjarmasin. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Benua Anyar 2 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes atau hasil evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan indikator ketuntasan yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kreteria sangat aktif. Pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penerapan kombinasi model Direct Instruction, Student Teams Achievement (STAD),dan Picture And Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok di kelas V SDN Benua Anyar 2 Banjarmasin.Diharapkan guru bisa menjadikan penelitian ini sebagai pilihan alternatif untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih bervariasi, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI