DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata pelajaran Matematika Pada Materi Penjumlahan Pecahan Menggunakan Kombinasi Model Think Pair Share, Numbered Head Together dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar
PENGARANG:RAUDATUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-06


ABSTRAK

Jannah, Raudatul. 2019, Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata pelajaran    Matematika Pada Materi Penjumlahan Pecahan Menggunakan Kombinasi Model Think Pair Share (TPS), Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecataman Kertak Hanyar kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, kombinasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stick.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Aktivitas Belajar Siswa Karena siswa kurang mampu menguasai konsep pecahan, siswa pasif dan kurang percaya diri sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar pembelajaran Matematika. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas siswa yaitu melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS), Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 25 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada pertemuan I mencapai 40%, pertemuan II mencapai  52%, pertemuan III mencapai 72%, dan pertemuan IV mencapai 97%. ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 40%, pertemuan II mencapai 64%, pertemuan III mencapai 76%, dan pertemuan IV mencapai 92%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stick dapat meningkat aktivitas belajar siswa pada penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI