DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Tema Kayanya Negeriku menggunakan Model Group Investigation dikombinasikan dengan Think Talk Write dan Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN 1 Mentaos Kota Banjarbaru
PENGARANG:NOOR IZATIL HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


Hasanah, Noor Izatil. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Model Group Investigation Dikombinasikan dengan Think Talk Write dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas IV SDN 1 Mentaos Kota Banjarbaru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Tema Kayanya Negeriku, Group Investigation, Think Talk Write dan Snowball Throwing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak juga pada hasil belajar siswa pada pembelajaran tema Kayanya Negeriku yang disebabkan karena kurang terlibat aktifnya siswa dalam pembelajaran dan kurangnya komunikasi dan interaksi antar siswa dalam kegiatan kelompok serta pembelajaran terlihat membosankan. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan model Group Investigation dikombinasikan dengan Think Talk Write dan Snowball Throwing. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Mentaos Kota Banjarbaru. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setting penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 1 Mentaos Kota Banjarbaru yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 14 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif (aktivitas guru dan siswa) dan data kuantitatif (hasil belajar siswa). Adapun indikator keberhasilan PTK ini yaitu aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik dan aktivitas siswa memperoleh kategori sangat aktif serta siswa dapat memperoleh ketuntasan belajar secara individu ≥70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥80%. Hasil penelitian aktivitas guru pada pertemuan 1 terlaksana baik dengan skor 33 menjadi terlaksana sangat baik dengan skor 45 pada pertemuan 4. Aktivitas siswa pertemuan 1 memperoleh persentase sebesar 56% dengan kriteria sebagian aktif meningkat menjadi 91% dengan kriteria hampir seluruhnya aktif pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan 1 hanya 56% siswa yang tuntas menjadi 91% siswa yang tuntas pada pertemuan 4. Kesimpulan yang didapat menyatakan pelaksanaan pembelajaran pada tema Kayanya Negeriku menggunakan Model Group Investigation dikombinasikan dengan Think Talk Write dan Snowball Throwing terlaksana dengan optimal sehingga aktivitas guru memperoleh kriteria sangat baik dan terjadi peningkatan pada aktivitas siswa maupun hasil belajar siswa. Saran yang diberikan untuk guru yaitu dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif dalam memilih model pembelajaran.   

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI