DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), EXSAMPLE NON EXSAMPLES DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI ALANG 2 KECAMATAN KARANG INTAN | |
PENGARANG | : | NURSETYAWATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-07 |
Nursetyawati. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Dan Fungsi Bagian
Tumbuhan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Student Teams
Achievement Division (STAD), Exsample Non Exsamples Dan Contextual
Teaching And Learning ( CTL) Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Alang 2
Kecamatan Karang Intan . Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.
Kata kunci : Hasil belajar, Pendekatan STAD Exsample Non Exsamples Dan Contextual
Teaching And Learning ( CTL), Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah karena siswa
kurang berminat untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh guru, siswa akan pasif dan
merasa bosan karena suasana belajar yang tidak menyenangkan dan tidak termotivasi untuk
mengikuti pelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan
media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran Sehingga memperoleh hasil
belajar kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar materi pada siswa kelas IV SDN
Sungai Alang 2 dengan penerapan Pendekatan STAD Exsample Non Exsamples Dan
Contextual Teaching And Learning ( CTL).
Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus I
dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan dengan menggunakan Pendekatan
STAD Exsample Non Exsamples Dan Contextual Teaching And Learning ( CTL). Pada
setiap akhir siklus diadakan evaluasi akhir. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV pada
semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 16 orang perempuan 9 orang
,laki-laki 7 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan
guru, lembar observasi siswa dalam pembelajaran, lembar kerja kelompok, lembar kerja
siswa, tes tertulis berupa tes evaluasi secara individu. Teknik analisa data menggunakan
interpretasi penskoran berdasarkan hasil observasi dan nilai tes tertulis pada akhir proses
pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Pendekatan STAD Exsample Non
Exsamples Dan Contextual Teaching And Learning ( CTL) terhadap aktivitas guru dalam
pembelajaran memperoleh kriteria penilaian sangat baik, aktivitas siswa telah mengalami
perbaikan dengan kriteria penilaian sangat aktif pada saat bekerjasama mengerjakan tugas
menunjukkan terjadi interaksi antara siswa di dalam kelompok, siswa dengan siswa dan siswa
dengan guru, serta dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan STAD Exsample Non
Exsamples Dan Contextual Teaching And Learning ( CTL) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV semester 1 Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan di SDN Sungai Alang 2
tahun ajaran 2018/2019.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Pendekatan STAD Exsample Non
Exsamples Dan Contextual Teaching And Learning ( CTL) menunjukkan aktivitas guru
sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif dan meningkatkan hasil belajar dalam Struktur Dan
Fungsi Bagian Tumbuhan pada siswa kelas IV SDN Sungai Alang 2. Saran bagi guru untuk
mengembangkan Pendekatan STAD Exsample Non Exsamples Dan Contextual Teaching
And Learning ( CTL) sebagai salah satu alternatif pilihan dalam rangka meningkatkan proses
belajar mengajar disekolah.
Berkas PDF
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI