DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TALKING STICK KELAS IV DI SDN KUIN UTARA 5 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI AYU OKTARINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


Kata Kunci: Aktivitasdan HasilBelajar,Problem Based Learning,Teams GamesTournamentdanTalking Stick.

 

Permasalahan penelitian ini yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru. Kurang berkembangnya kreativitas siswa, kondisi pembelajaran kurang menyenangkan dan penyediaan pengalaman belajar yang kurang karna minimnya penerapan model. Sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam muatan IPS Tema Kayanya Negeriku. Salah satu cara meningkatkan aktivitas belajar yaitu  menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT) dan Talking Stick. Tujuanpenelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru meningkatkan hasil pembelajaran, Aktivitas siswa melaksanakan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang pelaksanaannya terbagi menjadi dua siklusdengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya.Dilaksanakan pada kelas IVdi SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin dengan jumlah 28 siswa. Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif diperoleh dari data hasil evaluasi belajar siswa. Indikator keberhasilan adalah jika aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik dan aktivitas siswa mencapai kriteria sangat aktif serta hasil belajar individual mencapai nilai 70 dan mencapai ketuntasan klasikal 80% dari seluruh siswa yang memperoleh nilai 70.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 53.57%, pertemuan II mencapai 67.85%, pertemuan III mencapai 78.57%, dan pertemuan IV mencapai 89.28%.

Kesimpulan penelitian bahwa kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT) dan Talking Stick pada aktivitas guru terlaksana sangat baik, terjadi peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan model ini dijadikan salah satu alternatif dasar pengembang pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI