DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Aspek-Aspek Etika dalam Implementasi Kode Etik Akuntan Profesional (Studi pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat)
PENGARANG:NURUL RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


ABSTRAKSI

Nurul Rahmah, (2019). Hubungan Aspek-aspek Etika dalam Implementasi Kode Etik Akuntan Profesional (Studi Pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin) Pembimbing: Dr. Syaiful Hifni, Drs.Ec.M.Si, Ak, CA

Kode Etik Akuntan Profesional diwakili oleh lima (5) aspek, yaitu integritas, objektifitas, kompetensi profesional dan perhatian, kerahasiaan, dan perilaku profesional. Etika adalah konsep dasar untuk semua profesi, baik di bidang akuntansi, pemasaran, keuangan, pemerintah, dan lainnya. Perilaku dan tindakan setiap orang akan berdampak pada orang lain dan organisasi di mana mereka menjadi bagian darinya. Tetapi, sampai saat ini, beberapa profesional masih melihat Kode Etik Akuntan Profesional sebagai prinsipal yangtidak wajib dilaksanakan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang perbedaan dalam aspek teori integritas, obyektifitas, kompetensidan kehati-hatian profesional, serta perilaku profesional dalam Kode Etik Akuntan Profesional dengan implementasi oleh Akuntan Pendidik di Jurursan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat. Uji statistik pada penelitian ini menggunakan uji chi-square. Jika uji statistik itu mengungkapkan adanya perbedaan, penelitian akan dilanjutkan dengan melakukan uji statistik keeratanhubungan antar variabel. Sampel untuk penelitian ini diambil dari mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat di bawah karakteristik tertentu, yaitu mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah etika profesi dan bisnis, auditan I, hukum bisnis, dan komunikasi bisnis, dan juga setidaknya telah menempuh semester keempat.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara aspek teori etika pada Kode Etik untuk Akuntan Profesional dengan implementasinya oleh Akuntan Pendidik di Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat dari perspektif mahasiswa akuntansi(X2Observasi 33.33> X2 Tabel 31.41 dengan df = 20 pada tingkat X2: 0,05). Selanjutnya, uji statistik keeratan memperlihatkan hasil berupa terdapat korelasi antara variabel independen dan variabel dependen(Contingency Coefficient X1 dengan Y adalah 0.605 dan X2 dengan Y adalah 0.699, berarti antara variabel-variabel tersebut memiliki hubungan cukup erat (moderat). Selain itu, Contingency Coefficient X3 dengan Y adalah 0.702, serta X4 dengan Y, adalah 0.732 yang menunjukkan hubungan yang erat diantara variabel yang diuji.

 

Keywords: Etika, Kode Etik Akuntan Profesional, Akuntan Pendidik, Mahasiswa Akuntansi, Implementasi, Persepsi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI