DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN KUIN UTARA 5 BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:RAUDATUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


Jannah, Raudatul. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M. Si. Kata Kunci : Hasil belajar, Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Teams Games Tournament (TGT) Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil belajar muatan PPKn tema Kayanya Negeriku. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku dalam muatan PPKn menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara dengan jumlah 28 orang siswa. Jenis data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 81 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mencapai skor 81% dengan kriteria seluruhnya aktif dan hasil belajar kognitif secara klasikal 81% (baik), afektif secara klasikal 81% (sudah berkembang), dan psikomotorik secara klasikal minimal 81% (baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I mencapai kriteria baik, siklus II mencapai kriteria sangat baik, siklus III mencapai kriteria sangat baik dan siklus IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria cukup aktif, siklus II mencapai kriteria aktif, siklus III mencapai kriteria aktif dan siklus IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64,29%, siklus II mencapai 78,57%, siklus III mencapai 89,29% dan siklus IV mencapai 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together, dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar pada tema Kayanya Negeriku dikelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran PPKn tema Kayanya Negeriku.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI