DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN PEKAPURAN RAYA 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKIYA AZIZATURRIDHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


Azizaturridha, Rizkiya. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Numbered Head Together dan Make a Match pada Siswa Kelas V SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, S.H, M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, IPS, Model Group Investigation, Numbered Head         Together Dan Make A Match

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada tema 8 lingkungan sahabat kita khususnya muatan IPS. Hal ini disebabkan oleh siswa cenderung pasif, dan kurang terlibat langsung saat proses pembelajaran, pembelajaran kurang menarik, kurang menyenangkan serta kurang bermakna bagi siswa karena guru hanya berpacu kepada buku, siswa kurang terbiasa dengan pembelajaran yang memfokuskan menalar dan berfikir, serta kurang bisa mandiri dalam memanfaatkan sumber belajar yang ada. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, Numbered Head Together dan Make A Match. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan setting penilitian adalah SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  V yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Teknik analisis data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Aktif” dan “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥65. 

Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 29 (cukup baik), meningkat menjadi 39 (sangat baik) pada pertemuan 4. Aktivitas siswa secara klasikal mencapai 46% (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 95% (sangat aktif)  pada pertemuan 4. Serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 46% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 96% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation, Numbered Head Together dan Make A Match, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita khususnya muatan IPS di kelas V SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita khususnya mata pelajaran IPS.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI