DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sifat-Sifat Bangun Ruang Menggunakan Model Realistic Mathematics Education Dikombinasikan Dengan Problem Based Learning Dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas VA SDN Kelayan Tengah 4 Banjarmasin
PENGARANG:SISKA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


ABSTRAK

 

 

DEWI, SISKA. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sifat-sifat Bangun Ruang Menggunakan Model Realistic Mathematics Education, dikombinasikan dengan Problem Based Learning, dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas VA SDN Kelayan Tengah 4 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Realistic Mathematics Education, Problem Based Learning, Course Review Horay.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika dalam materi sifat-sifat bangun ruang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang tidak menuntut siswa untuk berpikir kritis, dan kurangnya kesempatan siswa untuk bekerja dalam kelompok. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education, Problem Based Learning, dan Course Review Horay. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa tentang materi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas VA SDN Kelayan Tengah 4 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Penelitian ini bertempat di Kelas VA SDN Kelayan Tengah 4 pada semester genap, tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 18 orang. Teknik pengambilan data menggunakan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan untuk hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis di akhir pelajaran. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai skor ≥26 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa secara klasikal mencapai ≥82% siswa berada pada kriteria aktif dan sangat aktif, serta hasil belajar siswa dianggap tuntas apabila ketuntasan siswa secara individu mencapai nilai ≥65 dan ketuntasan klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥65.

Hasil penelitian pada pembelajaran Matematika menggunakan model Realistic Mathematics Education, Problem Based Learning, dan Course Review Horay, menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa meningkat dengan kriteria “Sangat Aktif”, dan ketuntasan hasil belajar siswa terjadi peningkatan dan telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education, Problem Based Learning, dan Course Review Horay, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran Matematika di kelas V SD.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI