DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, KOMBINASI DEMONSTRATION DAN THINK PAIR AND SHARE SISWA KELAS VB SDN KELAYAN TENGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI MUTHMAINNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


ABSTRAK

Muthmainnah, Siti. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Problem Based Learning  kombinasi Demonstration dan Think Pair and ShareSiswa Kelas VB SDN Kelayan Tengah 4 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Darmiyati, S.Pd, M.Pd.

Kata kunci: Hasil Belajar, Bangun Datar, Problem Based Learning, Demonstration dan Think Pair And Share

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang menguasai konsep bangun datar.Hal ini dikarenakan siswa kurang memahami materi, kurang berminat dalam mempelajari materi tersebut, kurang kreatif, pengalaman siswa kurang dalam menemukan alternatif penyelesaian masalah, serta siswa kurang terlibat aktif sehingga mengakibatkan siswa mendapat nilai yang rendah. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan ini maka digunakanlah model pembelajaran Problem Based Learning  kombinasi Demonstration dan Think Pair and Share pada proses pembelajaran dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam empat pertemuan, dengan setting penelitian adalah siswa kelas VB SDN Kekayan Tengah 4 Banjarmasin, tahun 2018/2019 semester 2 dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan tes tertulis untukhasil belajar siswa. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila berada pada kategori “sangat baik”, dan aktivitas siswa secara klasikal berada pada kategori “Sangat Aktif”, siswa dianggap tuntas secara klasikal mancapai ≥82% dari keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥65.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru berhasil dengan kategori “Sangat Baik”, aktivitas siswa juga dinyatakan berhasil dengan kategori “Sangat Aktif” dengan persentase 95% siswa berada pada kategori “Aktif” dan “Sangat Aktif” dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal dinyatakan berhasil dengan persentase 95% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥65.

 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning  kombinasi Demonstration dan Think Pair and Sharedapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar siswa, sehingga dapat disarankan untuk guru menggunakan ketiga model ini dalam pembelajaran di kelas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI