DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TALKING STICK PDI KELAS IV SDN PELAMBUAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:LILY TRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


ABSTRAK

Triyanti, Lily. (2019).Meningkatan Aktivitas Belajar, dan Hasil BelajarSiswa Tema Kayanya Negeriku Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick di Kelas IV SDN Pelambuan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Group Investigation, Numbered Head Together, Talking Stick

 

Permasalahan penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran siswa kurang memiliki budaya sikap dan berfikir kritis, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa cepat merasa bosan dan juga kurang aktif dalam menyampaikan pendapat dan juga siswa kurang antusias dalam pembelajaran di kelas. Upaya menyelesaikan masalah tersebut diatas dilakukan melalui kombinasi model pembelajaran Group Investigation, Numbered Head Together dan Talking Stick Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengindentifikasi kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV semester genapSDN Pelambuan 1 tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru,dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai 4 meningkat dari skor 24 hingga 31. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai 4 meningkat dari 33% hingga 83% (klasikal). Hasil belajaraspek kognitif pada pertemuan I sampai 4 meningkat dari 50% hingga 87% (klasikal).Hasil belajar aspek afektif pada pertemuan I sampai 4 meningkat dari 53% hingga 87% (klasikal).Hasil belajar aspek psikomotorik dari pertemuan I sampai 4 meningkat dari 53% - 90% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Group Investigation, Numbered Head Together Dan Talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga hipotesis dapat diterima. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI