DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENCOCOKKAN KONSEP BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN VARIASI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES, METODE DRILL, DENGAN MODEL MAKE A MATCH PADA ANAK KELOMPOK B2 PAUD TERPADU PUTRA 3, KECAMATAN BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:EMYLIA AULIYA DINNA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


ABSTRAK

 

Fitri, Emylia Auliya Dinna. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mencocokkan Konsep Bilangan dengan Lambang Bilangan Menggunakan Variasi Model Examples Non Examples, Metode Drill, dengan Model Make A Match pada Anak Kelompok B2 PAUD Terpadu Putra 3, Kecamatan Banjarmasin Barat”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci : Kognitif, Mencocokkan Konsep Bilangan dengan Lambang Bilangan, Model Examples Non Examples, Metode Drill, Model Make A Match.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan aspek kognitif anak terutama dalam mencocokkan konsep bilangan dengan lambang bilangan yang masih belum berkembang. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan variasi model examples non examples, metode drill, dengan model make a match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian pengembangan kemampuan kognitif anak khususnya dalam mencocokkan konsep bilangan dengan lambang bilangan.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu Putra 3 Kecamatan Banjarmasin Barat pada kelompok B2 yang berjumlah 10 orang anak. Objek penelitian ini adalah pengembangan kemampuan kognitif anak dalam mencocokkan konsep bilangan dengan lambang bilangan. Analisis data dari aktivitas guru mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil pengembangan kemampuan kognitif anak minimal mendapat  dengan kategori “berkembang sesuai harapan”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik. Aktivitas anak memperoleh kategori sangat aktif. Hasil pengembangan kemampuan kognitif anak memperoleh kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB).

Kesimpulan penelitian ini adalah menggunakan variasi model examples non examples, metode drill, dengan model make a match dalam mencocokkan konsep bilangan dengan lambang bilangan dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak pada kelompok B2 PAUD Terpadu Putra 3, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI