DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS IV SDN KARANG DUKUH KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:KARIMATUS SOPIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-07


Sopia, Karimatus, 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPA Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing Pada Kelas IV SDN Karang Dukuh Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Group Investigation (GI), Model Numbered Heads Togethe?r (NHT), Model Snowball Throwing.

            Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajaf siswa kelas IV di SDN Karang Dukuh Kabupaten Barito Kuala hal ini dikarenakan keaktifan siswa kurang dalam pembelajaran, siswa kesulitan memahami pembelajaran yang disampaikan dan siswa tidak berminat pada pembelajaran IPA, sehingga pembelajatan dianggap tidak menyenangkan atau membosankan bagi siswa. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Togetjer dan Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar materi Sumber Energi pada siswa kelas IV SDN Karang Dukuh Kabupaten Barito Kuala.

            Metodologi penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tondakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN Karang dukuh pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang tahun ajaran 2018/2019. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Sumber Energi dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Togetjer (NHT), dan Snowball Throwing. Teknis analisa yang digunakan adalah analisis dan persentase perskor.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together dan Snowball Throwing dapat diketahui aktivitas guru dari pertemuan 1 perolehan skor 23 meningkat menjadi 33 pada pertemuan 4. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 secara klasikal mencapai 61% meningkat menjadi 91% pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan, pada pertemuan 1 mencapai 57% dan meningkat pada pertemuan 4 mencapai 87%.

            Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi  Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti sebagai alternatif bagi guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI