DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DIBANTU MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PASAR JATI 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:DINA AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-08


ABSTRAK

 

Aulia, Dina. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Bentuk Energi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Teams Games Tournament (TGT) dibantu media Visual pada Siswa Kelas IV SDN Pasar Jati 2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Hardiansyah, M.Si.

 

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Perubahan Bentuk Energi, Inkuiri Terbimbing, Teams Games Tournament, MediaVisual.

Permasalahan pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Pasar Jati 2 yaitu kurangnya penanaman sikap ilmiah dan pemecahan masalah secara mandiri yang berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA materi perubahan bentuk energi. Hal ini disebabkan pembelajaran belum menyajikan kegiatan yang bermuatan sikap ilmiah. Oleh karena itu kombinasi model Inkuiri Terbimbing dan Teams Games Tournament dibantu media Visual ditempuh untuk pembelajaran yang lebih melibatkan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatan hasil belajar siswa.

Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pasar Jati 2 Kabupaten Banjar pada semester dua (genap) tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang terdiri dari 11 siswa dan 5 siswi. Cara pengambilan data dengan teknik observasi aktivitas guru,aktivitas siswa dan hasil belajar yang digali dengan tes akhir belajar setiap pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 35 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan menjadi 93,75%  mencapai kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar individu siswa mencapai ketuntasan klasikal 100% pada siklus II pertemuan 2.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Inkuiri Terbimbing dan Teams Games Tournament dibantu media Visualmateri perubahan bentuk energi pada aktivitas guru,  aktivitas siswa, dan hasil belajar mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Dari hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing dan Teams Games Tournament dibantu media Visual sebagai rujukan alternatif model-model pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI