DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA), THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN TIMUR 9 BANJARMASIN
PENGARANG:S AUDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-08


ABSTRAK

Saudah. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Tema Daerah Tempat Tinggalku dengan Kombinasi Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Think Pair Share (TPS) dan Scramble pada Siswa Kelas IV SDN Kelayan Timur 9 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph. D

 

Kata Kunci: Membaca pemahaman, DRTA, TPS, Scramble.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar pada keterampilan membaca pemahaman tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SDN Kelayan Timur 9 Banjarmasin. Penyebabnya yaitu pembelajaran kurang meningkatkan konsentrasi siswa, pembelajaran sudah kooperatif namun kurang terarah, serta pembelajaran kurang menyenangkan,  sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasinya, maka peneliti menggunakan kombinasi model Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Think Pair Share (TPS) dan Scramble. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam empat pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kelayan  Timur 9 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah 17 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 31 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa mencapai  95% dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil ketuntasan klasikal mencapai 95%.

Berdasarkan hasil penelitin ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Think Pair Share (TPS) Dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SDN Kelayan Timur 9 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI