DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKn TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER, STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION, DAN TALKING STICK DI KELAS VB SDN SUNGAI KUINI 1 HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:RONI WALUYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-08


ABSTRAK

Waluya, Roni. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PPKn Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Materi Persatuan dan Kesatuan Menggunakan Kombinasi Model Numbered Heads Together, Student Team Achievment Division, , dan Talking Stick Di Kelas VB SDN Sungai Kuini 1 Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati., S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Benda-Benda Di Sekitar Kita Student Team Achievment Division, Numbered Heads Together, Talking Stick, Aktivitas dan hasil Belajar Siswa.

            Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn materi persatuan dan kesatuan di kelas Vb SDN sungai Kuini 1 Hulu Sungai Utara. Permasalahan ini disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, kurangnya strategi mengajar, pembelajaran kurang menarik. Kombinasi model STAD, NHT,danTalking Stick menjadi solusi untuk pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB semester genap SDN Sungai Kuini 1 tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 16 siswa. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. aktivitas guru dinyatakan berhasil jika mencapai criteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa dengan criteria “Sangat Aktif” atau persentase klasikal 79%. Hasil belajar kognitif siswa berhasil apabila 79% siswa mendapat nilai 60, hasil belajar afektif siswa berhasil jika mencapai criteria “membudaya” atau angka presentase klasikal 79%, dan hasil belajar psikomotorik siswa berhasil jika mencapai criteria “Sangat Terampil” atau angka persentase klasikal 79%.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 27 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 86% kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar kognitif siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal 100% pada pertemuan IV, hasil belajar afektif siswa meningkat dengan kriteria “Membudaya” dengan ketuntasan klasikal 87%, dan hasil belajar  kognitif siswa meningkat dengan kriteria  “Sangat Terampil” dengan ketuntasan klasikal 80%.

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas belajar siswa sangat aktif,hasil belajar kognitif telah mencapai ketuntasan yang ingin dicapai, hasil belajar afektif membudaya, dan hasil belajar psikomotorik sangat terampil. Hasil penelitian dapat dijadikan referensi dan bahan pertimbangan bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI