DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Materi Luas Bangun Datar Menggunakan Model Mind Mapping Dengan Model Think Pair And Share (TPS) Dan Alat Peraga Geoboard Pada Siswa Kelas IV SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin
PENGARANG:RIZQA HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-08


ABSTRAK

 

Hidayah, Rizqa. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Luas Bangun Datar Menggunakan Model Mind Mapping dengan Model Think Pair and Share (TPS) dan Geoboard pada Siswa Kelas 4 SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sunarno, M.Pd. 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Luas Bangun Datar, Mind Mapping, Think Pair and Share, Geoboard.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa pada materi Luas Bangun Datar. Hal ini terjadi karena pembelajaran Matematika belum bersifat saintifik, pembelajaran Matematika tidak dihubungkan dengan kehidupan nyata dan menjadi tidak bermakna bagi siswa, terjadi kesalahan konsep pada siswa mengenai pemahaman rumus luas bangun datar, serta kurangnya kemampuan siswa dalam bekerja sama dengan temannya yang kemampuan akademiknya berbeda. Upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model Mind Mapping dengan model Think Pair and Share (TPS) dan alat peraga Geoboard. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Setting penelitian dilaksanakan di kelas 4 SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 31 siswa yang terdiri dari 16 orang laik-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif berupa tes atau soal evaluasi untuk hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I dan siklus II mendapat kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh kriteria aktif dan siklus II memperoleh kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 65% dan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 94%.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Mind Mapping dengan model Think Pair and Share (TPS) dan Geoboard pada materi luas bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk guru penelitian ini dapat menjadi alternatif pembelajaran Matematika dalam meningkatkan hasil belajar materi luas bangun datar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI