DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUNGAI ULIN BANJARBARU
PENGARANG:IMA RIZKY HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-08


Hasanah, Ima Rizky. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema 9 Kayanya Negeriku Muatan PPKN Menggunakan Kombinasi Model Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT), dan Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sungai Ulin Banjarbaru. Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

Kata-Kata Kunci: Aktivitas siswa, Tema 9 Kayanya Negeriku, Model Pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT), dan Word Square 

Permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya aktivitas siswa mata pelajaran PPKN Tema 9 Kayanya Negeriku. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa tidak dapat berpikir kritis, dan pembelajaran yang membosankan. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah untuk mengatasi masalah tersebut Peneliti memecahkan permasalahan dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT), dan Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Adapun setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Sungai Ulin Banjarbaru semester II  tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 18 orang siswa yaitu terdiri dari 9 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis di akhir pelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru kualifikasi sangat baik yaitu mendapat skor 36-42, aktivitas siswa ≥81% dari jumlah siswa memperoleh kriteria aktif dan sangat aktif, dan hasil belajar ≥81% dari jumlah siswa mendapatkan nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 28 kategori cukup baik meningkat pada pertemuan 4 memperoleh skor 38 kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa pertemuan 1 secara klasikal mendapat nilai 33% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 89% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 hanya 44% kemudian terjadi peningkatan pada pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal 94%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT), dan Word Square pada pembelajaran PPKN Tema 9 Kayanya Negeriku dapat  meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar. Disarankan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT), dan Word Square dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI