DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), THINK PAIR AND SHARE (TPS), DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)DI KELAS IV SDN KERTAK HANYAR 1-2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NADA KHAIRUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-08


ABSTRAK

Khairunnisa, Nada. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengolahan Data Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Think Pair and Share (TPS), dan Teams Games Tournament (TGT) di Kelas IV SDN Kertak Hanyar 1-2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

 

Kata-kata kunci : Aktivitas Belajar, Problem Based Learning (PBL), Think Pair and Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT)

Permasalahan penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri secara aktif, tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, kurangnya antusias siswa dan pembelajaran bersifat satu arah dan terlalu abstrak sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Kertak Hanyar 1-2 mata pelajaran Matematika. Kondisi ini terjadi karena cara belajar yang kurang menarik dan menyenangkan bagi siswa.Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar  yaitu melalui kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Think Pair and Share (TPS dan Teams Games Tournament (TGT)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Kertak Hanyar I-2 Kabupaten Banjar tahun ajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Matematika materi Pengolahan Data, dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran berupa tes tertulis secara individu. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dengan kriteria kurang baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria  aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 63%, pertemuan II mencapai 75%, pertemuan III mencapai 100%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Think Pair and Share (TPS), dan Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa beserta hasil belajarnya pada mata pelajaran Matematika materi Pengolahan Data. Disarankan model tersebut ini dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI