DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SIKAP DOSEN TERHADAP MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN
PENGARANG:NOVIA MARDA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-08


Novia M. S, A1F115219, 2019. Pengaruh Sikap Dosen Terhadap Mahasiswa Berkebutuhan Khusus di PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: H. Wahyu. Pembimbing II: Hayatun Thaibah

 

Kata Kunci: Sikap Dosen, Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

 

Mahasiswa berkebutuhan khusus merupakan seseorang yang terdaftar secara resmi pada salah satu perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengikuti pendidikan yang memiliki perbedaan karakteristik secara signifikan. Sikap dosen sangat mempengaruhi semua aspek dalam diri internal maupun eksternal mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menempuh pendidikan. Sesuai dengan permasalahan yang dikemukakan diatas maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap dosen terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus di Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 30 dosen Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Sistem pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Analisis data menggunakan One Sample Kolmogrov Smirnov dan uji hipotesis menggunakan Uji T. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa sebaran variabel sikap dosen berdistribusi normal dengan nilai Asiymp.Sig 0,832 > 0,05 serta nilai t > ttabel  = 2,637 > 2,048 maka hipotesis diterima..

Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa ada pengaruh sikap dosen terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus di Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI