DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION(GI),STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) PADA SISWA KELAS V SDN SIDOREJO 2 KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:ADE RAHMADHANIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Group Investigation, Student Teams Achievement Division dan Teams Games Tournament

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang pemahaman terhadap materi, kurang tertarik, kurang aktif dan memberikan pendapat sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Sidorejo 2 pelajaran IPS. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas siswa yaitu melalui model pembelajaran Group Investigation (GI), Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournamen (TGT) pada penelitian tindakan kelas di SDN Sidorejo 2 Tamban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sidorejo 2 Tamban Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria baik, siklus II mencapai kriteria baik, siklus III mencapai sangat baik, dan siklus IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria kurang aktif, siklus II mencapai kriteria cukup aktif, siklus III mencapai kriteria aktif, dan siklus IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada siklus I kognitif 69,23%, afektif 46,15% psikomotorik 42,31%, siklus II kognitif 69,23%, afektif 65,38% psikomotorik 50,00%, siklus III kognitif 79,92%, afektif 80,77% psikomotorik 76,92%, dan siklus IV kognitif 84,62,%, afektif 84,62,% psikomotorik 88,46%.Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Group Investigation (GI), Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita di kelas V SDN Sidorejo 2 Tamban Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI