DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS), MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN SURGI MUFTI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:AINA MARDHIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-09


ABSTRAK

Mardhiyah, Aina 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 5 Materi Ekosistem di Lingkungan Sekitar Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS), Mind Mapping dan Make A Match Pada Siswa Kelas V  SDN Surgi Mufti 5 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing M. Dani Wahyudi, S.PI,  M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Ekosistem, Think Pair and Share (TPS), Mind Mapping, Make a Match.

Permasalahan yang ada pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Ekosistem di Lingkungan Sekitar kelas V SDN Surgi Mufti 5 Banjarmasin adalah rendahnya hasil belajar siswa yaitu hasil belajarnya di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yakni ≥65. Penyebabnya karena siswa yang kurang aktif dan cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran, komunikasi yang hanya terjadi satu arah dan kurangnya motivasi, serta metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Think Pair and Share (TPS), Mind Mapping, dan Make a Match. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Surgi Mufti 5 Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Surgi Mufti 5 Banjarmasin dengan jumlah 40 orang siswa. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif yaitu diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa saat pembelajaran dan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa melalui tes. Adapun indikator keberhasilan untuk aktivitas guru jika dapat mencapai kategori “sangat baik”, aktivitas siswa dapat mencapai kategori “sangat aktif” dengan ketuntasan klasikal ≥80% dan hasil belajar siswa secara individu mencapai nilai ≥70, dengan ketuntasan klasikal sebesar ≥80% mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada pertemuan 1 aktivitas guru mendapat skor 21, dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 30 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 dari 30% meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100% dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 ketuntasan klasikalnya hanya 58% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 95%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Think Pair and Share (TPS) dikombinasikan dengan Mind Mapping, dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di Lingkungan Sekitar. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru agar menggunakan ketiga model ini dalam proses pembelajaran di kelas sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan hasil belajar meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI