DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 5 MATERI EKOSISTEM DILINGKUNGAN SEKITAR MELALUI KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VA SDN SN SURGI MUFTI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:A'ISYATUR RADHIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-09


ABSTRAK

Radhiyah, A’isyatur. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 5 Materi Ekosistem Dilingkungan Sekitar Melalui Kombinasi Model Direct Instruction dengan Number Head Together  dan Make A Match pada Siswa Kelas VA SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Skripsi Program PG-PSD FKIP ULM Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph,D

Kata Kunci: Hasil Belajar, Ekosistem, Direct Instruction, Number Head Together, Make A Match.

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SDN SN Surgi Mufti Banjarmasin siswa kelas VA yang mengalami permasalahan pada rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 5 Materi Ekosisitem Dilingkungan Sekitar. Hal ini karena siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, kurang berani mengungkapkan pendapat kepada guru serta kurangnya minat siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu melalui kombinasi model Direct Instruction dengan Number Head Together  dan Make A Match. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas VA SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Materi Eksistem Dilingkungan Sekitar melalui kombinasi model Direct Instruction dengan Number Head Together dan Make A Match.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Tahapan PTK ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya perbaikan aktivitas guru pada pertemuan 1 guru memperoleh skor 26 dengan katagori Cukup Baik, sedangkan pada pertemuan 2 memperoleh skor 31 dengan katagori Baik dan pada  pertemuan 3 memperoleh skor 34 dengan katagori Baik, sedangkan pada  pertemuan 4 memperoleh skor 41 dengan katagori Sangat Baik. pertemuan 1, 2,3 dan 4 yang sudah meningkat secara kalsikal yaitu pada pertemuan 1 dengan presentasi 65% dengan kategori aktif, pertemuan 2 dengan presentasi 75% dengan kategori aktif, dan pada pertemuan 3 dengan persentase 85% dengan kategori sangat aktif, dan cenderung meningkat pada setiap pertemuan 4 mencapai 90% dengan kategori sangat aktif.Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 40% dengan nilai rata-rata 55, meningkat pada pertemuan ke 2  menjadi 60% dengan nilai rata-rata 71,25. Pada pertemuan ke 3 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85% dengan nilai rata-rata 78,75. Dan pada pertemuan ke 4 mengalami peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 100% dngan nilai rata-rata 95.

Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa melalui kombinasi model Direct Instruction dengan Number Head Together (NHT) dan Make A Match dapat memperbaiki aktivitas guru, sehingga berdampak meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa serta sebagai bahan pertimbangan guru untuk dapat menerapkan kombinasi model Direct Instruction dengan Number Head Together (NHT) dan Make A Match agar pembelajaran menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI