DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN ASPEK NAM MENGURUTKAN GERAKAN SHOLAT DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE, EXAMPLE NON EXAMPLES DAN MAKE A MATCH PADA KELOMPOK A TK PGRI KUNTUM MEKAR BANJARMASIN
PENGARANG:S ETIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-09


Setiani, 2019. Upaya Meningkatkan Aspek NAM Dengan Mengurutkan Gerakan Sholat Dengan Model Picture And Picture dan Example Non Example dengan Make A Match Kelompok A Di TK PGRI Kuntum Mekar Banjarmasin. Skripsi program PG-PSD FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.pd.,Ph.D

 Kata Kunci : gerakan sholat picture and picture, Example Non Example, Make A Match

penyebab kemampuan aspek Nilai,Agama dan Moral (NAM) masih belum optimal adalah jarangnya pembelajaran agama yang diterapkan di TK PGRI Kuntum Mekar. Masalah yang diahadapi adalah perkembangan Nilai agama dan Moral (NAM) dalam kegiatan praktik berwudhu dan sholat. Untuk mengatasi hal tersebut menggunakan model Picture And Picture dan example non example, dan  Make A Match Kelompok A.

Tujuan penelitian adalah Upaya Meningkatkan Aspek NAM Dengan Mengurutkan gerakan sholat dengan model Picture And Picture dan Example Non Example, dan  Make A Match Kelompok A.

Pendekatan  bentuk penelitian lain yaitu penelitian tindakan kelas ( PTK) setiing penelitian ini adalah di Taman Kanak-Kanak PGRI Kuntum Mekar Banjarmasin anak kelompok A yang berjumlah 15 orang anak (8 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki). Analisis data secara deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru memenuhi kriteria sangat aktif dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang 3 (***) BSH.

Hasil peneltian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 4 memperoleh skor 38 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil perkembangan kemampuan anak berkembang 93% dengan memperoleh bintang 3 (***) Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan bintang 4 (****) Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model picture and picture, example non example, dan make a match dapat mengembangkan kemampuan meniru gerakan sholat. Disarankan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan informasi yang berguna sebagai perbaikan pembelajaran pada nilai, agamadanmoral.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI