DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG KONSEP SIFAT BENDA BERDASARKAN WUJUDNYA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMOSNTRATION, NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS 3 SDN KARANG MEKAR 9 BANJARMASIN
PENGARANG:WAHYU RIRIN ARIA TUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-10


ABSTRAK

 

Ririn Aria Tuti, Wahyu. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Konsep Sifat Benda Bedasarkan Wujudnya Dengan Menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Numbered Head Tigether (NHT), Dan Snowball Throwing Siswa Kelas 3 SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Demonstration, Numbered Head Together (NHT), Snowball Throwing.

 

Permasalan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional sehingga kurangnya interaksi guru dan siswa, siswa menjadi apatis karena tidak ada keaktifan dalam proses pembelajaran, siswa kesulitan memahami konsep materi pelajaran. Oleh karena itu dilakukan kombinasi model  Demonstration, Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing pada konsep sifat bend berdasarkan wujudnya kelas 3 SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam empat pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas 3 semester ganjil  SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa yang diambil pada proses pembelajaran. Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskripsi analisis dengan cross tabulasi yang diinterpretasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru dengan kualifikasi sangat baik dengan skor ≥43, aktivitas siswa ≥82% dari jumlah siswa memperoleh kriteria sangat aktif dan hasil belajar siswa ≥80% siswa yang tuntas dari jumlah seluruh siswa mendapatkan nilai ≥75.

            Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 31 dengan kriteria cukup baik dan pertemuan 4 meningkat menjadi sangat baik dengan memperoleh skor 49, Aktivitas siswa pada pertemuan 1 secara klasikal 30%, pada pertemuan 4 meningkat menjadi 90%, sedangkan hasil belajar siswa pertemuan 1 secara individual 9 orang siswa dan klasikal 45%, pada pertemuan 4 meningkat menjadi 18 orang siswa dan klasikal 90%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Demonstration, Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil pembelajaran siswa. Disarankan kepada guru dapat menjadikan altiernatif pemecahan masalah, kepada kepala sekolah menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan pembinaan kinerja guru dan  peneliti ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pemilihan model untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada mata pelajaran IPA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI