DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIKOMBINASIKAN DENGAN PAIRS CHECKS (PC) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN ANJIR MUARA KOTA TENGAH BARITO KUALA
PENGARANG:FADELAN RIZALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-10


Rizaldi, Fadelan. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement  Division (STAD) Dikombinasikan Dengan Pairs Checks (PC) Dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Anjir Muara Kota Tengah Barito Kuala”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. Sutiyarso, S. Pd., M. Pd. 

 

Kata Kunci:  Aktivitas Siswa, Aktivitas Guru, Hasil Belajar, STAD, Pair C, NHT.

 

Permasalahan dalam penelitian ialah kurangnya partisipasi keaktifan murid dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat konvensional, tidak menggunakan model pembelajaran dan media pendukung, murid kurang termotivasi terhadap pembelajaran matematika, serta kebermaknaan dari pembelajaran masih belum dirasakan oleh murid sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan. Maka, inovasi pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Student Team Achievement  Division (STAD) dikombinasikan dengan Pairs Checks (PC) dan Numbered Heads Together (NHT) perlu diadakan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi menghitung keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN Anjir Muara Kota Tengah Barito Kuala.

Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Anjir Muara Kota Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan ≥25 (sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥75% (sangat aktif). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan penilaian secara individual dan klasikal. Analisis data dihitung berdasarkan indikator ketuntasan belajar secara individu siswa mendapatkan nilai ≥80 dan secara klasikal ≥80% dari siswa mendapatkan nilai ketuntasan ≥80. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement  Division (STAD) dikombinasikan dengan Pairs Checks (PC) dan Numbered Heads Together (NHT), pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kreteria sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dikombinasikan PC dan NHT dapat meningkatkan aktivitas anak yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar anak. Sangat diharapkan guru bisa menjadikan penelitian ini sebagai pilihan alternatif untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih bervariasi, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI