DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS MEMBACA NYARING SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK SISWA KELAS 2 SDN SEKUMPUL
PENGARANG:IZWAN NOOR HALID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-10


Izwan,Izwan Noor Halid. 2019. MeningkatkanAktivitas Membaca Nyaring Menggunakan Kombinasi ModelNumbered Head Together dan Explicit Instruction dengan Media Cerita Bergambar untuk Siswa Kelas 2 SDN Sekumpul Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing  Drs. Mahmuddin, M.Pd.

 

Kata kunci: Membaca Nyaring,  Numbered Head Together and Explicit Instruction, Media Cerita Bergambar.

Permasalahan yang diteliti adalah rendahnya keterampilan membaca nyaring yang belum mencapai KKM ≥ 70. Menerapkan kombinasi model pembelajaran Numbered Head Together dan Explicit Instruction dengan Media Cerita Bergambar.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setting penelitian adalah siswa kelas 2 SDN Sekumpul Martapura, dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Jenis data dan penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data secara naratif dan teknik persentase berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 36 dengan kriteria sangat baik, secara klasikal aktivitas siswa secara klasikal  memperoleh persentase sebanyak 91,00% dengan kategori sangat aktif , dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 92,80% dengan rata-rata nilai 89,96.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran Numbered Head Together and Explicit Instruction dengan Media Cerita Bergambar dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dalam membaca memindai untuk menemukan informasi di kelas 2 SDN Sekumpul Martapura.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI