DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING KOMBINASI DENGAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN PEKAUMAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:NADYA MAHRITA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-10


Ulfah, Nadya Mahrita. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Model Problem Solving Kombinasi dengan Think Pair and Share (TPS) dan Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN Pekauman 3 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar IPS, Problem Solving, Think Pair and Share (TPS), Make A Match.

 

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi tahun ajaran 2017/2018 hasil belajar siswa menunjukkan dari 25 siswa hanya 9 siswa atau 36% dinyatakan tuntas dan 16 orang siswa atau 64% siswa tidak tuntas. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran kurang variatif, pembelajaran berlangsung satu arah, serta proses pembelajaran IPS kurang bermakna, sehingga muncul masalah rendahnya aktivitas belajar siswa dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah pada mata pelajaran IPS khususnya materi muatan IPS pada tema peristiwa dalam kehidupan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving  kombinasi dengan Think Pair and Share (TPS) dan Make A Match.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pekauman 3 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 semester 2 dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa. Data kuantitatif yang diperoleh dari data hasil belajar siswa yang diambil dari tes evaluasi belajar.

Hasil penelitian dengan menerapkan model Problem Solving kombinasi dengan Think Pair and Share (TPS) dan Make A Match disimpulkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat pada aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi “Sangat Aktif” dan hasil belajar siswa selalu mengalami peningkatan disetiap pertemuan.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar kombinasi model pembelajaran Problem Solving, Think Pair and Share (TPS) dan Make A Match dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI