DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LAMAN SAMPULUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA DAERAH TEMPATTINGGALKU MUATAN BAHASA INDONESIA MENULIS KARANGANNARASI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONCEPTSENTENCE, NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN PEMBERIANTUGAS PADA SISWA KELAS 4 SDN SIDOREJO 2 TAMBAN BARITO KUALA
PENGARANG:YENI SETIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


Kata Kunci: Hasil Belajar, Kombinasi ModelConcept Sentence, NumberHead Together (NHT) dan Pemberian Tugas.

 

Permasalahan yang ada pada siswa kelas 4 SDN Sidorejo 2 Tamban BaritoKuala adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajarisehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran BahasaIndonesia , disebabkan pembelajaran yang terlalu monoton, kegiatan siswa hanyasebatas mencatat dan mendengar, tidak adanya media pembelajaran. Hal initentunya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang masih beradadibawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Oleh karena itu, perlu dilakukansolusi model pembelajaran yaitu Model Concept Sentence, Number HeadTogether (NHT) dan Pemberian Tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangannarasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenisPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini dilaksanakan di SDNSidorejo 2 Tamban Barito Kuala pada semester genap tahun ajaran 2018/2019dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Teknik pengambilan data dalampenelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitif, yang diperoleh melaluiobservasi aktivitas guru dan siswa,dan hasil belajar melalui tes evaluasi. Analisisdata dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik diinterprestasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru dari pertemuanI terlaksana dengan kriteria cukup baik, pertemuan II terlaksana dengan kriteriabaik, pertemuan III terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa padapertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria Baik,dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajarsiswa dari pertemuan I sampai pertemuan III meningkat dari persentase 53%,67%, 87% sampai 97%.Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model ConceptSentence, Number Head Together (NHT) dan Pemberian Tugas dapatmeningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga hipotesis dapat diterima.Disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalammeningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI