DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KINERJA APARATUR DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN GUNUNG MAS DALAM PELAYANAN PERIZINAN | |
PENGARANG | : | SIMON | |
PENERBIT | : | PROGRAM PASCASARJANA | |
TANGGAL | : | 2018-01-12 |
H*ta kunci : Kinerjq Pel*yanan Perizinan
Penelitian ini bertujtun uutuk menganalisa kinerja aparaturdalam memberikan
pelayanan perizinan dan non perizinan, dan mengidentifikasi faktor penghambat
kinerja aparatur dalam membcrian pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal
dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gunung lv{as.
Pendebtan penelitian yang digpnakn adalah metodp kualihtif, Tempat
penelitian @a Dinas Penanar$an lvlodal dan Pelayanan Ter@u Satu Pintu
di Kabupaten Gurung Mas. Teknik pengump-ulan data yang dikumpllkan metalui
observasi, wawancar4 dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data
model interaktif Miles dan Huberman. Pengujian data dilakulftn dengan cara
triangulasi, yaitu triaingrulasi tekrdk mar,rprm triangulasi zumber"
Hasil parclitian menmjukan kinerja pelayanan yang diberikan oleh Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gunung tritas yang
dilihat dari tahapn permohonan dalam tingkat produktivitas sudah cukup hilq
tahapn pemeriksaao berkas datram kualihs pelayanau cukup baih ketepatan wsk&r
masih belum baik karena belum mmg€urakan sistem online, tahapan pemerilaaan
lapogur dalam responsivitas rmtuk pengaduan behun baik diseb&kr
dana prasarana dan sarana, tahapan pen€tapan pembayaran dalam responsibilias
produr pelayanan cukup baik, namun pencapian tujuan masih belum optfuaal
karene junlah peg&uei kurang dan tahapan penerbitadpenyemhan berkas dalanr
akuntabilitas sudah cukup baih tranryaran sampai proscs alur mekanisme pelayanan,
best$ pula perug*s dalnm merrberikan pelayanan cukup baik, hrtsrlggtmgiaweb,
dan biaya sesuai dengan ketentuan.
Faktor yang menjadi penghambat dalam hasil penelitian ini : (1) Sarana dan
Prassmne yang dilakukan dalam pelayanan perizinan masih belrxlr melalnrkan sistsn
anline, sehingga kecepalan pelayanan masih rcndalU (2) Kuangnya Jumlah Pcgawai
s&ingga kuslitas pelayanan belum optirml, dan (3) Kuranguy* Kompetensi pegauiai
dalam kemamp-uan melakukan pengoperasian sistem secara online sehingga
kemudahan pelayanan mencapai tujuan belum tercapai.
Peneliti*n iili merekomendasikan : (I) Dinas Penanaman Modal der
Pelayanan Terpdu Satu Pintu Kabupten Gunung Mas agar menerapkan sisten*
oc{ine dalam melakrkan pelayanan perizinan. {2) Dimina kepada Pemerinta}t
Daerah Kabupaten Gunung ldas untuk menambah beberapa omng pegawai sehingga
kinerja pelayanan bisa berjalan dengan optimal, dan (3) Memberikan kesemptan
kspda apratur tmtuk di ikut sertakan dalam Seminar, ln*afarya, Diklal Bintek
&n pelatihan lainnya, grma menirgkatkan kinerja
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI