DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN PASAYANGAN 2 MARTAPURA
PENGARANG:NURHABIBAH MEILIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


Meilida, Nurhabibah. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan IPA Tema

Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Head Together (NHT), dan Media Video Pembelajaran pada siswa Kelas IV SDN Pasayangan 2 Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema Kayanya Negeriku, Model Mind Mapping,

Numbered Head Together (NHT), dan Media Video Pembelajaran.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA pada siswa kelas IV SDN Pasayangan 2 Martapura Pada Tema Kayanya Negeriku. Hal ini disebabkan siswa kurang memahami materi, pembelajaran masih berlangsung satu arah, dan pembelajaran kurang bervariasi. Sehingga aktivitas siswa kurang maksimal dan mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah dan berada di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 67. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui Kombinasi Model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Head Together (NHT), dan Media Video Pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pasayangan 2 semester II tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang terdiri dari laki-laki 18  orang dan perempuan 7 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa dan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai skor 29 dengan kriteria Baik, Pertemuan 2 mencapai skor 32 dengan kriteria sangat baik dan pada pertemuan 3 mendapat skor 35 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pertemuan 1 mencapai persentase 68% dengan kriteria aktif, pada pertemuan 2 mencapai persentase  88% dengan kriteria sangat aktif, dan meningkat pada Pertemuan 3 mencapai persentase 98% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan 1 mencapai persentase 64%, pertemuan 2 mencapai persentase 84%, dan pertemuan 3 mencapai persentase 98%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Head Together (NHT), dan Media Video Pembelajaran dapat melaksanakan aktivitas guru dengan sangat baik, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti selanjutnya agar digunakan sebagai referensi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Meilida, Nurhabibah. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan IPA Tema

Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Head Together (NHT), dan Media Video Pembelajaran pada siswa Kelas IV SDN Pasayangan 2 Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema Kayanya Negeriku, Model Mind Mapping,

Numbered Head Together (NHT), dan Media Video Pembelajaran.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA pada siswa kelas IV SDN Pasayangan 2 Martapura Pada Tema Kayanya Negeriku. Hal ini disebabkan siswa kurang memahami materi, pembelajaran masih berlangsung satu arah, dan pembelajaran kurang bervariasi. Sehingga aktivitas siswa kurang maksimal dan mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah dan berada di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 67. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui Kombinasi Model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Head Together (NHT), dan Media Video Pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pasayangan 2 semester II tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang terdiri dari laki-laki 18  orang dan perempuan 7 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa dan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai skor 29 dengan kriteria Baik, Pertemuan 2 mencapai skor 32 dengan kriteria sangat baik dan pada pertemuan 3 mendapat skor 35 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pertemuan 1 mencapai persentase 68% dengan kriteria aktif, pada pertemuan 2 mencapai persentase  88% dengan kriteria sangat aktif, dan meningkat pada Pertemuan 3 mencapai persentase 98% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan 1 mencapai persentase 64%, pertemuan 2 mencapai persentase 84%, dan pertemuan 3 mencapai persentase 98%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Head Together (NHT), dan Media Video Pembelajaran dapat melaksanakan aktivitas guru dengan sangat baik, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti selanjutnya agar digunakan sebagai referensi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI