DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN WARNA, BENTUK, DAN UKURAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TAKE AND GIVE, MODEL SAVI, DAN METODE DRILL PADA KELOMPOK B PAUD TERPADU AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 39 AL – UMMAH BANJARMASIN SELATAN”
PENGARANG:SHONIA ADE PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


Kata Kunci: Kognitif, Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna, Bentuk, Dan Ukuran. Model Take And Give, Model SAVI, Dan Metode Drill.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan aspek kognitifdalammengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran. Hal ini terjadi karena anak yang kurang mengerti tentang materi, penggunaan metode dan model yangkurang menarik, dan fokus yang mudah teralihkan. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan mengkombinasikanModel Take And Give, SAVI, Dan Metode DrillPada Kelompok B Paud Terpadu Aisyiyah 39 Al Ummah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangandalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentukdan ukuran.Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada Kelompok B Paud Terpadu Aisyiyah 39 Al Ummahdengan jumlah anak sebanyak 17anak. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, hasil perkembangan dan lembar kerja anak dalam pengembangan kognitif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak memenuhi kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kategori berkembang sangat baik (BSB).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan kognitifmelalui Model Take And Give, SAVI, Dan Metode Drilldengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapatkan kriteria sangat baik, (2) aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif (3) hasil perkembangan aspek kognitifdisetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan bintang ???dan ????.Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitifdalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuranmenunjukkan peningkatan yang membaik,sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di PAUD dengan menggunakan kombinasi Model Take And Give, SAVI, Dan Metode Drillkarena dapat mengembangkan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI